Sabtu, 29 Januari 2011

SEJENAK...Di Desa PASTING

Mungkin anda pernah menemui sebuah perkampungan yang jaringan atau sinyal kadang ada kadang tidak! Mungkin saja kan?
Ya dari beberapa jaringan gsm maupun cdma di daerah ini, cukup sulit didapatkan. Terbukti dengan hilangnya sinyal sinyal HaPe semua teman teman yang hadir dalam rombongan ini.

Kadang terpikir juga olehku untuk mendirikan satu BTS diatas gunung yang barusan terlewati, agar perkampungan ini mendapatkan sinyal, hehehe…emang gue apanya mereka ya? Cuma sekedar singgah…tapi penasaran! Kok kenapa ya daerah ini belum punya sinyal bagus,gitu? Padahal menurut aku daerah ini banyak juga penduduknya.
Dari keterangan seorang teman yang menetap di daerah ini, ada beberapa perkampungan suku dayak mengelilingi kampung mereka, nah jika ada yang mau mendirikan BTS di daerah ini, mungkin menjadi salah satu lahan bisnis kan?

We leh….! Ngelantur kok jadi mempermasalahkan BTS?
Sebenarnya aku ingin mengungkapkan rasa senang ketika berada di daerah ini, daerah yang boleh di bilang masih jauh dari kebisingan dan keramaian, jauh dari hiruk pikuk keramaian Kota. Terbukti dengan kadang ada sinyal kadang tidak!
Daerah yang bisa membuat kita tenang, segar dan nyaman ketika berada di disini.
Saat kulihat salah satu gunung Batu Marmer itu dari kejauhan, kembali terpikir olehku untuk menjadikannya sebuah bangunan seperti istana dan kalau sudah jadi mungkin bisa saja di jadikan sebagai Kantor Gubernur ataupun istana presiden, paling minim sebagai tempat wisata! Agar daerah ini bisa maju seperti daerah daerah lainnya dan tentunya sinyal sinyal tambah kencang kan? Huuuuhh….pikiranmu ada ada saja? kata teman teman.” Bolehlah, aku berangan angan seperti itu, selaku. Tak ada salahnya kan? Sapa tahu ada salah seorang pengusaha mendengarnya. Dan pengusaha itu berminat. Betulkan?
Nah penasaran juga kan? Seperti apa sih gunung batu Marmer itu?

Aku dan beberapa teman menelusuri kaki gunung itu dengan jalan kaki dipandu temanku yang menetap di daerah ini dengan terlebih dahulu mampir dirumahnya untuk sekedar minum teh hangat kemudian melanjutkan perjalanan melewati rumah rumah penduduk sekitar kemudian melewati sungai kecil yang mengalir perlahan. Aku menyempatkan diri minta dijepret saat melintasi sungai dan rimbunnya pohon bambu, agar kawasan yang barusan terlintasi bisa di jadikan background.
Alhasil sampailah kami di kaki bukit.. teman teman yang lain juga tak menyia-nyiakan kesempatan ini, mereka menikmati keindahan alamnya, merasakan segarnya udara pegunungan pagi hari ini(2 Januari 2011).

Aku bersama teman pemanduku menanjak naik memasuki lekukan bebatuan untuk kemudian mencapai mulut Gua dan masuk kedalamnya.
Katanya, jika pada malam hari banyak sekali burung berteduh dalam gua ini dan gampang sekali menangkapnya. Woi jadi tambah penasaran sambil masuk terus ke dalam, katanya lagi untuk mencapai ke mulut gua di sebelahnya bisa mencapai satu minggu, karena banyaknya rongga rongga kecil atau kamar kamar didalamnya yang mengarah kesana kemari. Yeh ciut juga nyaliku untuk meneruskan lebih kedalam lagi.
Andai aku bisa belama lama di daerah ini mungkin saja kulakukan perjalanan memasuki gua ini lebih kedalam lagi untuk membuktikan kebenarannya, walau itu harus memakan waktu satu minggu, woiiii sok berani.
Cuma waktuku sebentar, karena teman teman sudah menunggu di luar gua.
Setelah berada di mulut gua, sejuknya udara yang terhirup menjadikan badan terasa segar. Tidak seperti di dalam gua tadi yang terasa panas dan sesak, sebab rongga dalam gua itu masih sempit. Hmmm…andai saja rongga rongga itu menjadi sebuah kamar atau ruangan yang ber AC…(villa maksudnya) alangkah sejuknya, atau sudah menjadi ruang istana yang bisa di jadikan kantor gubernur misalnya. Maka tak heran jika desa ini akan menjadi sebuah kota yang berada di pegunungan, hehehehe….ngayal melulu.
Yeah….gpp kok, itu kan andai saja.
Alangkah indah dan sejuknya Alam di desa ini, membuatku terasa nyaman dan segar, walau badan ini terasa pegal pegal karena pendakian.
Semoga ini akan menjadi sebuah inspirasi yang bagus buat mereka yang ingin mengunjunginya.
salam



sebuah catatan ketika berada di desa Pasting,Barabai HST Kalsel.

39 komentar:

  1. Ada jua lih sakalinya di kal-sel..
    Kdd tahu nah lagi..
    Maksih infox,,,

    Salam tang blogger kalse :
    Pendidikan Untuk Negeri Kita

    BalasHapus
  2. administrator: urang marabahan kah beliau ni?

    ada banar dangsanak ai...asal kita rajin bajalanan ja..
    sama sama dangsanak ai...

    BalasHapus
  3. Nah asiknya pian ni bang lah, bisa bjalanan ke tempat² yang nyaman dan sejuk kek gambar² di atas.

    BalasHapus
  4. Lama neh saya gak bersinggah disini..
    kangen ama kawand-kawand blogger..
    gmn pny kbar??

    SALAM BERKAWAND
    :)

    BalasHapus
  5. bah lah,kda bebawaan lwn kanca nah........

    wkwkwkwkwk..........

    BalasHapus
  6. Saya pikir mending daerah itu enggak diendus pengusaha tambang deh.. sebab bisa jadi suasana enggak bakal alami lagi kalau sudah bau duit

    BalasHapus
  7. NIA:
    kebetulan ada teman yang ngajak gratis, hehehehe...
    anggar berkhawan:
    kabar baik sob...hehehehe...lama juga ya?

    pasukan armada;
    auk gen manumpang jua nah, kyapa handak mambawai.

    lozz Akbar:
    hmmmm..benar juga

    ayyief alkap:
    dibawai urang jua pang

    BalasHapus
  8. Wah indah banget ya, asri banget,
    saya juga suka kampung halaman seperti itu, sangat sejuk dan indah.
    bahkan ciata-cita saya, nanti tinggal di kampung saja.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  9. desa pasting? hmm ... sebuah desa yang masih sangat asing buat saya, mas. taoi sepertinya petualangan ke kawasan ini sungguh mengasyikkan dan menantang. kok jadi kepikiran juga utk ikut2an berpetualang, hehe ....

    BalasHapus
  10. Aduh... Shasa belum tahu, BTS itu apaan sih?

    BalasHapus
  11. Pasti susah sekali mendaki bukit/gunung itu. Aku jelas gak sanggup... hehehe

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah pergi ke Kalimantan. Pengen sekali suatu hari bisa kesana. AMin.

    BalasHapus
  13. bali property:
    mantaap dengan cita-citanya mas...
    firaun ngeblog: sangat seru dan menantang...hehehe

    sawali:
    memang sangat asing pak di telinga pendengar, eih...petualang....hehehehe...

    place to study:
    wah shasha belum tahu ya, BTS itukan menara/tower operator seluler...hehehehe...

    jejak langkahku:
    iya benar, itu salah satunya.

    catatan kecilku:
    kalau naik gunung ya rada rada susah memang...hehehe, apalagi perempuan...ckckckckck...

    the other:
    semoga kamu bisa jalan jalan ke Kalimantan.

    BalasHapus
  14. Oh... di Barabai kah sekalinya....

    BalasHapus
  15. wahh daerahnya masih perawan yach hihihi...aku juga pernah ke suatu kampung yg ada gua-nya...cuma pas mau masuk aku ngga jadi, soalnya kata orang2 sana...kalo diluar hujan deras didalam goa suka tiba2 banjir....ihhh serem banget yachhh...soalnya kalo udah didalam kita kan ngga tau diluar hujan/ngga...sementara utk menyusuri goa itu sampai ke dalam membutuhkan waktu berjam-jam......

    BalasHapus
  16. keren banar ih
    pebila jua kah tejalan kesana :)

    BalasHapus
  17. ZIAN:
    bujur banar zian ai

    NIA:
    hmmm...benar, kalau sudah didalam kita mesti hati hati juga lho,jika keadaannya seperti yang mbak Nia bayangkan.

    Warm:
    dasar keren banar..., pabila juakah imak tu tejalan? hehehehe...

    BalasHapus
  18. wah, ulun nang orang barabai asli ja kada suah blum ke pasting, hehe

    salam kenal, Pak. menerima kunjungan balik :)

    http://tiyaradam.wordpress.com

    BalasHapus
  19. wuaaaa jadi pingin ke sanaa , indonesia emg punya kekayaan alam yg keren ;D

    BalasHapus
  20. owh ! kaitulah ! mun kaitu salam kenal ajah !

    BalasHapus
  21. keindahan alam yang harus terus dijaga dan dilestarikan. seru juga petualangannya :)

    BalasHapus
  22. gambarnya bagus
    desa yang menakjubkan
    salam sukses..

    sedj

    BalasHapus
  23. tyaradam;

    wah...ak ga bisa koment d blogmu...hehehehe....makasih

    Ipah:
    indonesia punya seabrek kekayaan alam yang unik...hehe

    eddy:
    salam kenal balik lah

    dina.thea:
    betul....keindahan alam yang wajib di jaga dan jangan sampai di jadikan areal pertambangan hehehe, memang seru petualangannya,,,,ckckckckck

    sedjatee:
    bagus dong....kan masih alami
    sukses kembali

    BalasHapus
  24. wahh,, pasti segar tu hawanya..
    fotonya cuma dikit mas :( ,, pingin liat lebih banyak lagi..
    btw,, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe :D.. cek blogku ya.. postingnya disini

    salam kenal

    BalasHapus
  25. Aws
    Kada kalah bungas kampung kita sakalinya lih...

    www.kimiagin.co.cc

    BalasHapus
  26. dery:
    sangat segar deh hawanya, fotonya sengaja di kasih dikit biar blognya ga terlalu berat.hehehehe....
    sementara terimakasih dulu.

    anonim:
    dasar kada kalah l;awan banua nang lain, hehehe

    BalasHapus
  27. Pasting, Barabai???
    Ah, kada jauh... mudahan panjang umur ja.. Ke sana jua kena..haha

    Banyak 'andai-andai'nya dalam postingan ni....mudahan jd kenyataan berataan :)

    BalasHapus
  28. terimakasih sudah singgah di blog abal-abal saya , meski tinggal dimakassar tapi istri orang sampit dan punya banyak keluarga di banjar

    BalasHapus
  29. salam sobat
    suasana yang nyaman dan tenteram, dilihat dari fotnya
    apalagi di gunung batu marmer.
    walaupun jaringan GSM agak sulit.

    BalasHapus
  30. blm ada update blog pinanya pian bang lah .. he he
    kalo ai ada bjalanan ke tempat-tempat nang sejuk, nyaman umpat malihat gambarnya .. he he :)

    BalasHapus
  31. edelwes:
    mudahan takasana?

    smp3 lembang:
    salam juga
    ooohhhhh.....punya istri orang sampit kah?
    salam badangsanakan ja wal ai...

    NURa:
    benar kawan....
    nia:
    belum ada...update....sabar aja dulu
    catatan kecilku:
    belum mbak

    BalasHapus
  32. pina rami bajalanan tarus nah.:D

    BalasHapus
  33. wew... alam yg damai.. ^^

    http://arissugianto.blogspot.com/2011/03/recent-visitors-gadget-for-blogger.html

    BalasHapus
  34. salam sob
    indah sekali pemandangan di desa sob ya

    BalasHapus

TERIMAKASIH JIKA ANDA SUKA BERKOMENTAR!